Intip Keseruan Perjalanan Study Excursie 2019

Minggu, 17 Februari 2019 23:14 WIB

Peserta Study Excursie 2019 berfoto bersama. (Foto: Rayan/Humas)

 

Lingkup dunia kerja lulusan ilmu komunikasi yang luas merupakan salah satu dari banyak hal yang harus diketahui sejak dini oleh mahasiswa dari jurusan Ilmu komunikasi. Study Excursie salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM UMM). Kegiatan ini dilaksanakan pada senin-jumat tanggal 11 Februari-15 Februari 2018. Study Excursie sendiri diikuti oleh mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2017 dan angkatan 2018 dengan total jumlah perserta keseluruhan 50 orang.  Dalam study excursie tahun ini mengangkat tema penerus bangsa melek media. Mengapa tema tersebut yang dipilih karena zaman sekarang yang merupakan era milenial 4.0 dimana dalam keseharian pemuda yang sangat ketergantungan terhadap sosial media. Sehingga perlu ditanamkan lagi pengetahuan bahwa sebagai seorang generasi muda kita harus melek akan media ataupun yang lainnya yang juga ada disekitar kita. Karena secara tidak langsung hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana seorang generasi untuk berpikir dan mengambil keputusan.

Tak hanya untuk mengenalkan lingkup dunia kerja dari lulusan ilmu komunikasi sendiri, kegiatan ini merupakan ajang untuk mencari tau dan memantapkan mahasiswa untuk memilih peminatan yang memang sesuai dengan apa yang diinginkan. Dalam kegiatan ini dilakukan kunjungan kebeberapa media serta perusahaan terkait 3 penjurusan yang ada di jurusan ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yaitu Public Relations, Audio Visual dan Jurnalistik yang kredibilitasnya menunjang untuk proses pembelajaran dalam perkuliahan. Beberapa media dan perusahaan terkait adalah Nava+, Hakuhodo, Hybird, Net TV dan salah satu program yang ada di tv swasta yaitu Mata Najwa. Serta diadakannya sharing dengan beberapa alumni jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang sedang bekerja di media dan perusahaan terkait.

 

 

 

Nava+ group merupakan salah satu agensi yang ada di Indonesia terkhusus dalam bidang media, entertainment dan Advertising. Nava+ group sendiri memiliki beberapa anak perusahaan diantaranya Panthfinders, Iris, TribeCloud, Interface Indonesia, Skor, Optima Media, Diageo dan Advis. Di Nava+ kita dikenalkan bagaimana sejarah terbentuknya Nava+ group, bagaimana divisi-divisi yang ada didalam perusahaan tersebut bergerak dan melakukan tugasnya. Banyak hal yang didapat seperti bagaimana membuat konten, mengatasi masalah masalah yang ditanyakan seperti misalnya bagaimana mengatasi masalah masalah yang ada. Serta bagaimana generasi muda untuk menjadi seseorang yang terus peka akan sosial. “Be unique, be trendsetter” salah satu kutipan yang digunakan untuk menggunakan sebuah brand maupun konten menurut sala satu karyawan Nava+ group yang bekerja di bidang kreatif. Selain itu juga kami dikenalkan bagaimana lingkungan kerja di Nava+ group sendiri. mulai dari ruang yang dubuat senyaman mungkin dan didesain tanpa sekat.

 

Dalam kegiatan study excursie ini juga kita mendatangi salah satu advertising agency yaitu Hakuhodo Network Indonesia. Hakuhodo Network Indonesia ini dibawahi oleh Hakuhodo incorporate yang merupakan perusahaan pusat dari hakuhodo sendiri. hakuhodo incorporate ini terletak di jepang. Hakuhodo Indonesia masuk dalam jajaran the hottest agency in asia. Hakuhodo Indonesia telah didirikan sejak tahun 2003. Sampai tahun ini hakuhodo Indonesia memiliki beberapa adik perusahaan yang juga bergerak dibidang advertising agency. Adik perusahaan itu diantaranya Lotus:H, Hybird:H, H:Three, i-da dan H:D.stuktur dalam pengerjaan project dalam perusahaan ini terdiri dari account, strategi planner, traffic, dan kreatif. Hakuhodo memiliki acuan dari kutipan bahasa Jepang yaitu sei-katsu-sha. Dimana makna dari kutipan tersebut adalah bagaimana membuat sesuatu berdasarkan dengan apa yang dialami di kehidupan mereka sehari hari “people have their own lives”. Dalam pengerjaan sebuah brand karyawan satu divisi tersebut tidak mungkin memegang brand yang sama. Mereka yang telah memegang brand tersebut bertanggung jawab penuh akan tugasnya. Mereka juga akan terus mengawasi perkembangan pelaksanaan pembuatan iklan dari brand tersebut sampai naik tayang.

Hybrid merupakan salah satu adik dari hakudo. Tak jauh berbeda dengan apa yang dikerjakan di hakuhodo network Indonesia sama sama bergerak dibidang advertisng agency. Hybird sendiri baru berdiri sejak 2 tahun yang lalu. Tujuan adik perusahaan ini dibuat karena alasan tertentu diantaranya dalam sebuah agensi periklanan tidak boleh memegang 2 brand yang saling bersaing. Sistemnya apabila sebuah brand sabun mandi sudah dipegang namun ada brand lainnya yang ingin di pegang oleh hakuodo Indonesia ini maka akan dilempar ke adik perusahan hakuhodo Indonesia yang lainnya. Namun, meskipun dari semuanya sama masing-masing perusahaan di hakuhodo Indonesia ini sendiri memiliki keunikannya masinh-masing.

 

Net TV salah satu tv swasta yang dikunjungi. Pembekalan ilmu tentang pertelevisian. Baimana dunia pertelevisian itu bergerak. Bagaimana membuat suatu program di pertelevisian supaya menarik untuk penonton. Disana kami juga diperlihatkan bagaimana proses produksi dari salah satu program di televisi tersebut. Net sendiri yang tidak terlalu banyak menerima iklan dari luar menjelaskan bahwa net ini memiliki usaha seperti misalnya koperasi yang ada di dalam kantornya serta melakukan kegiatan danus lainnya. Kami juga diajak untuk berkeliling, melihat tempat kerja para karyawan. Seperti misalnya ruang control. Dimana ruangn ini digunakan untuk karyawan yang mengatur sebuah program televisi yang sedang digarap. Karyawan diruang control ini yang mengatur semuanya.

 

Dan yang terakhir adalah kunjungan ke salah satu program yang ada di televisi swasta yaitu Mata Najwa. Disana diperlihatkan secara live bagaimana proses produksi suatu program yang dimana program tersebut tayang secara live di televisi. Mulai dari mempersiapkan audiennya, alat-alatnya dan semua persiapan lainnya yang dlakukan sebelum maupun saat acara berlangsung.

Shared: