Berbagi Ilmu dan Kebahagiaan di Himakom Mengajar #2

Jum'at, 29 Maret 2019 20:44 WIB

Peserta Study Excursie 2019 berfoto bersama. (Foto: Rayan/Humas)

 

(Malang, 26 Maret 2019) Program kerja HIMAKOM Mengajar#2, berhasil dilaksanakan di SDN 1 Kucur, Dau, Malang dengan sukses dan antusias yang tinggi dari siswa-siswi dan tenaga pengajar yang ada.

Berangkat dari sebuah perbincangan dalam divisi, terbentuklah program kerja HIMAKOM Mengajar yang bertujuan untuk memberikan pendidikan yang berbeda kepada pelajar dengan konsep fun education dan pastinya related dengan program studi Ilmu Komunikasi.

Kegiatan ini pada awalnya masih dibingungkan namanya. Karena ini membawa nama himakom maka harus benar-benar dipilih dengan baik. Hingga akhirnya kegiatan ini disebut sebagai HIMAKOM Mengajar. Kali ini, himakom mengajar sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya. Bertepat di SDN 1 Kucur, Dau, Malang pada hari Sabtu, 24 Maret 2019 pukul 09.00-11.30 WIB acara HIMAKOM Mengajar#2 dengan tema “Media Literasi” ini berlangsung dengan lancar dan sukses.

 

Panitia dari kegiatan HIMAKOM Mengajar#2 terdiri dari anggota HIMAKOM sendiri, bahkan tenaga pengajar atau yang kita sebut dengan LO juga berasal dari anggota HIMAKOM. Kegiatan ini diikuti oleh kelas I-VI yang berjumlah 172 anak. Materi yang diberikan berupa berhitung, menyanyi, menonton film anak karya anak Ilmu Komunikasi UMM sendiri, game-game, motivasi belajar, ice breaking, kepemimpinan, kerja team, dan masih banyak lagi. Siswa juga diberikan soal-soal pretest untuk melihat kemampuan mereka menangkap materi dari sekolah. Tentu dengan adanya berbagai macam reward yang diberikan menambah antusias dan semangat mereka dalam acara. Tak kalah dengan LO yang hebat dan energik membuat siswa sangat menyukai pelajaran yang disampaikan.

 

 

“Acaranya sangat menarik, apalagi anak-anak disini belum terlalu mengetahui media. Mereka masih sangat asing dengan keberadaan media. Saya sangat berterimakasih karena teman-teman disini sudah memberikan motivasi dan kegiatan yang baik untuk peserta didik. Semoga kedepannya acara tetap berlangsung dengan baik dan makin berkembang.” Ucap Bu Lela selaku perwakilan dari pihak sekolah.

Meskipun ada evaluasi mengenai teknis, akan tetapi acara ini sudah berjalan sesuai rencana. “Sudah bagus!” ujar ketua HIMAKOM, Ahmad Wildan Firmansyah.

 

 

Harapan kedepannya untuk acara ini akan semakin berkembang dan memberikan manfaat yang lebih bagi generasi muda. Mengenalkan media kepada mereka dengan bijak, memotivasi mereka untuk terus semangat dalam mencari ilmu, dan memberikan cara belajar yang mudah dan fun. Acara ini direncanakan akan dilakukan sekali lagi dalam periode ini yaitu dua bulan setelah HIMAKOM Mengajar#2 dengan nama HIMAKOM Mengajar#3 dan tema yang berbeda. Tak hanya itu, panitianya pun tidak lagi hanya berasal dari pengurus HIMAKOM akan tetapi akan mengadakan open recruitment untuk mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang dari seluruh angkatan. So, ikuttin terus sosial media HIMAKOM untuk bergabung mengajar dan berbagi ilmu.

 

Shared: